ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Telinga merupakan satu dari kelima panca indera manusia yang memerlukan perawatan yang intensif. Mengapa? Karena telinga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang rentan dan bisa dikatakan cukup penting, karena dengan melalui telinga lah kita dapat mendengar sesuatu.

Kamu juga harus bersyukur karena tidak terlahir sebagai tunga rungu, yaitu cacad pada pendengaran. Maka dari itu, jangan malas untuk senantiasa merawat telinga kamu sebaik mungkin, karena penampakan fisik telinga yang menjorok ke bagian dalam tubuh manusia sehingga memerlukan kehati-hatian saat merawatnya.

Berikut ini, hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita merawat panca pendengaran ini: 

1. Jangan Mengorek Telinga

Membersihkan telinga mungkin bisa dikatakan sebagai aktivitas yang mengasyikkan apalagi dengan mengorek bagian-bagian indera pendengar ini. Tapi tahukah kamu bahwa mengorek telinga saat membersihkan justru akan meningkatkan resiko telingamu terluka. Luka pada telinga seperti robeknya gendang telinga akan berdampak buruk, karena mengurangi kemampuan pendengaran. Normalnya, gendang telinga cenderung sedikit mengkilat.

2. Bersihkan Bagian Luar Saja


Telinga memiliki kemampuan alami untuk mendorong kotorannya ke bagian luar telinga. Sehingga sangat dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian luar saja yaitu daun telinga dan rongga telinga bagian lua. Hal ini sangat masuk akal karena membersihkan kotoran hingga ke bagian dalamnya justru akan membuat kotoran telinga tersebut masuk lagi.

3. Check Up Rutin Dengan Ahli atau Perawatan Pribadi


Sering-sering untuk mengunjungi dokter THT mu yaa! Dokter spesialis satu ini tentunya memiliki berbagai alat yang lebih efektif dan aman untuk membantu perawatan telinga kamu. Sehingga kamu nggak perlu merasa khawatir lagi jika perawatan yang anda lakukan berdampak negatif untuk pendengaran kamu.

Nah, buat kamu yang nggak mau ribet buat buat harus dateng ke dokter THT, kamu tetap bisa melakukan perawatan pribadi Tips merawat telinga pribadi dapat dilakukan dengan membasuhkan telinga anda ketika anda mandi. Bersihkan daun telinga menggunakan air lalu keringkan dengan handuk yang bertekstur halus agar tidak melukai kulitmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan baby oil, lalu bersihkan seluruh bagian luar telinga, termasuk rongga luar telinga. Perawatan ini hendaknya dilakukan maksimal sekali saja dalam seminggu

4. Perawatan Tidak Berlebihan


Karena telinga memproduksi serumen khusus yang efektif untuk menyaring berbagai kotoran yang masuk ke telinga serta untuk melumasi gendang telinga. Selain itu serumen telinga ini akan melindungimu dari kemungkinan serangga yang masuk ke telinga juga debu-debu yang sangat familiar dengan kehidupanmu. Jadi cara perawatan telinga yang dianjurkan adalah membersihkan telinga seperlunya saja, cukup bersihkan rongga bagian luar saja, juga daun telinganya.

Beberapa hal diatas perlu diperhatikan agar indera pendengaran kamu berfungsi dengan baik, tetap bersih dan sehat. Karena kamu juga nggak mau kan, penampilan kamu nggak maksimal karena kotoran di telingamu kan? Dan untuk mempertahankan performa telingamu, coba untuk 
mengurangi penggunaan headset dan sejenisnya. Karena sebaik apapun kualitas teknologi tersebut sedikit banyak mempengaruhi kinerja gendang telinga kamu. 

Sumber:
http://sialafashiontropia.blogspot.co.id/2014/11/pentingnya-menjaga-kesehatan-telinga.html

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top